Sukseskan Vaksinasi, Puskesmas Lampeapi Lakukan Kerjasama Lintas Sektor

By Gafarudin 05 Nov 2021, 20:29:51 WIB Kesehatan
Sukseskan Vaksinasi, Puskesmas Lampeapi Lakukan Kerjasama Lintas Sektor

Keterangan Gambar : Kegiatan vaksinasi Tim Vaksinator Puskesmas Lampeapi



Langara (konkepkab.go.id) - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus gencarkan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melalui delapan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Konkep.


Kepala Pusekesmas (Kapus) Lampeapi, La Ode Gaga S Kep mengatakan demi menyukseskan program vaksinasi diwilayah Kecamatan Wawonii Tengah, Puskesmas Lampeapi melakukan kerjasama lintas sektor yakni Camat, Lurah Kepala Desa, Kepala Sekolah dan Kapolsek di lingkup kerjanya untuk menyukseskan vaksinasi covid-19 tersebut.


"Alhamdulillah dengan kerjasama lintas sektor ini, sekarang masyarakat sudah mulai berkunjung sendiri di sini (Puskesmas Lampeapi) untuk melakukan vaksinasi, sebelumnya Kami (Tenaga Kesehatan) berupaya untuk jemput bola di desa. Mungkin sudah ada kesadaran bahwa vaksinasi ini adalah sesuatu hal yang penting untuk upaya meminimalisir dari paparan covid-19," katanya.


Diakuinya saat ini progres vaksinasi lanjut usia (Lansia) masih sangat minim untuk wilayah kerja Puskesmas Lampeapi, hal itu disebabkan karena kebanyakan mengalami komorbid atau adanya penyakit bawaan yang dialami.


"Untuk Lansia sudah banyak yang berkunjung di sini untuk melakukan vaksinas tetapi kebanyakan komorbid atau ada riwayat penyakit bawaan setelah dilakukan skrining, sehingga Kami tidak berani untuk melakukan vaksinasi," jelasnya.


Dalam kesempatan tersebut La Ode Gaga juga menyampaikan kepada masyarakat khususnya di wilayah kerjanya agar tetap menjalankan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan demi menghindari paparan covid-19.


"Jalankan protokol kesehatan, sayangi keluarga dengan menerapkan hidup bersih dan sehat agar tidak terpapar virus corona, selain itu Kami juga mengharapkan masyarakat agar menyambut dengan baik pelayanan vaksinasi ini, kalau ingin melakukan vaksinasi silahkan hubungi Kami, Insya Allah vaksinnya siap dan ada delapan tenaga vaksinator yang juga selalu siap melayani," harapnya.


Sejauh ini lanjut Kapus Lampeapi, progres vaksinasi Puskesmas Lampeapi telah melakukan vaksinasi sebanyak 475 orang dengan rincian sebanyak 25 tenaga kesehatan, pelayan publik sebanyak 434 dan lansia sebanyak 16 orang. (ain)