Pemkab Konkep Gencarkan Edukasi Masyarakat Terkait Vaksinasi

By Admin 08 Nov 2021, 19:12:43 WIB Kesehatan
Pemkab Konkep Gencarkan Edukasi Masyarakat Terkait Vaksinasi

Keterangan Gambar : Suasana vaksinasi masal di Kantor Bupati Konkep, Kamis (30/6).


Langara (konkepkab.go.id) - Program vaksinasi masal terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk mencapai target vaksinasi tahap pertama yakni sebanyak 4.350 jiwa dan tentunya upaya memenuhi target nasional yakni sebanyak 1 juta vaksinasi perhari.


Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Konkep, Sastro SE mengatakan untuk mencapai target tersebut selain membuka pelayanan setiap jam kerja di Delapan Puskesmas, juga berupaya melakukan jemput bola dengan menyediakan pelayanan vaksinasi di tingkat desa.


"Dengan vaksinasi masal seperti ini, kita berharap bisa efektif untuk memberikan vaksinasi kepada masyarakat, selain itu untuk memenuhi target tahap pertama sebanyak 4.350 sasaran, Kami (Dinkes Konkep) menjemput bola dengan melayani vaksinasi di tingkat desa dengan sasaran utama para pelayan publik dan juga masyarakat yang berkesadaran akan pentingnya vaksinasi ini," jelasnya.


Lebih lanjut Sastro menjelaskan bahwa hingga per 30 Juni 2021, target vaksinasi Pemkab Konkep baru mencapai angka 1718 jiwa tervaksin atau 39,49 persen dosis I dan 700 jiwa atau 16,09 persen dosis II.


"Angka 1718 ini belum masuk hasil vaksinasi masal yang dilakukan hari ini, Kami masih menunggu hasil dari masing-masing Puskesmas, kemungkinan malam baru bisa dilaporkan karena terkendala jaringan di beberapa Puskesmas untuk menyampaikan laporannya, kalau hasil vaksinasi masal di Kantor Bupati sudah dilaporkan dari 84 pendaftar, hanya 79 yang berhasil divaksin, 5 ditunda," jelasnya.


Di tempat yang sama, Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi SE MM mengatakan bahwa untuk memenuhi target vaksinasi, saat ini Pemkab Konkep tengah berupaya menyusun regulasi yang melibatkan pemerintahan dibawahnya untuk semaksimal mungkin menyukseskan vaksinasi covid-19 tersebut.


"Bersama Forkopimda, Kita menyusun suatu regulasi yang dianggap efektif mengedukasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi, salah satunya pendekatan melalui Pemerintah desa dengan masyarakatnya," jelasnya. (ain)