Moliuano, Tawaran Baru Wisata Alam Wawonii di Hulu Sungai Labeau

By Admin 08 Nov 2021, 17:52:22 WIB Wisata
Moliuano, Tawaran Baru Wisata Alam Wawonii di Hulu Sungai Labeau

Keterangan Gambar : Wisata Alam Moliuano Desa Labeau Kecamatan Wawonii Utara.


Langara (konkepkab.go.id) - Pulau Wawonii kembali menawarkan salah satu objek wisata alamnya yang juga tidak kalah mempesona yakni Wisata Goa Moliuano di hulu sungai Labeau Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).


Bagi Anda pecinta wisata alam dan berminat untuk mengunjungi Goa Moliuano, silahkan berkunjung di Pulau Wawonii, tentunya setelah rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dinyatakan berakhir oleh Pemerintah dan Kita Doakan bersama semoga rantai penyebarannya cepat berakhir dan Kita bisa kembali bebas menikmati alam Indonesia yang diciptakan oleh Sang Maha Pencipta, Aamiin.


Kembali membahas wisata alam Wawonii khususnya Goa Moliuano, di mulut goa raksasa tersebut pengunjung akan disambut dengan pemandangan indah hiasan stalaktit atau tonjolan batu yang diukir oleh larutan air di langit-langit Goa Moliuano tersebut.


Sebelum memasuki goa yang menjadi sumber air sungai Labeau tersebut, Anda harus naik di atas panggung staglamit yang dibentuk oleh aliran air yang mengalir dari dalam goa, di atas panggung tersebut, pengunjung akan memandang birunya danau kecil yang terbentang di sisi kanan mulut Goa Moliuano yang menjadi sasaran atau latar belakang swafoto para pengunjung.


Di dalam goa tepatnya di atas panggung batu tersebut terdapat tangga staglamit yang juga dibentuk oleh aliran beberapa anak sungai di dalam Goa Moliuano tersebut, beberapa anak tangga akan mengantarkan Anda menuju pintu keluar untuk menembus Goa Moliuano, tetapi untuk menembus goa tersebut Anda disarankan untuk membawa senter atau alat penerang lainnya karena ruangnya cukup gelap.


Di sepanjang jalan menuju Goa Moliuano, pengunjung akan di suguhi pemandangan indah dinding tebing raksasa yang ditumbuhi berbagai jenis pohon besar yang menjulang tinggi yang tentunya menambah kesejukan alam sekitar, jika Anda lelah dalam perjalanan bisa sebentar beristirahat diatas lempengan batu yang juga disiapkan oleh alam.


Karena belum tersentuh pembangunan oleh Pemerintah, aksesbilitas menuju wisata alam andalan masyarakat Labeau Raya tersebut Anda akan diajak untuk menyusuri sungai Labeau dengan jarak sekitar 2 kilo meter dari tempat parkiran kendaraan.


Dari luar Pulau Wawonii, tidak usah khawatir dengan akses dan biaya untuk menikmati alam di Goa Moliuano, dari Kota Kendari Anda bisa menggunakan jasa penyeberangan KMP Bahteramas atau kapal Ferry Kendari-Langara biayanya hanya kurang lebih 50 ribu itu sudah termasuk kendaraan roda dua Anda, waktunya hanya sekitar 3 jam, dari Pelabuhan Langara hanya butuh waktu sekitar 30 menit menuju tempat parkiran kendaraan dan kurang dari 1 jam menyusuri sungai Labeau Anda sudah bisa menikmati panorama alam dan megahnya Goa Moliano. (ain)