Minyak Goreng Langka di Pasar, Ketua TP PKK Konkep Ajak IRT Manfaatkan Peluang

By Gafarudin 17 Mar 2022, 09:47:22 WIB Ekonomi
Minyak Goreng Langka di Pasar, Ketua TP PKK Konkep Ajak IRT Manfaatkan Peluang

Keterangan Gambar : Minyak goreng hasil produksi warga Konkep


Langara, Konkepkab.go.id – Kelangkaan minyak goreng yang terjadi di Tanah Air belakangan ini juga telah berdampak di Kabupaten Konawe Kepulauan. Selain susah diperoleh, harga minyak goreng juga melambung tinggi. Kemasan yang dalam kondisi normal berharga 14 ribu rupiah perliter kini sudah mencapai 50 ribu rupaiah perliternya.

Menyikapi kondisi ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe Kepulau Ny Dra. Hj. Nurul Hidayati mengajak Ibu Rumah Tangga (IRT) agar tidak larut dan pasrah terhadap kondisi pasar yang sedang melanda saat ini, melainkan mampu bangkit dan  memanfaatkan keadaan ini sebagai peluang ekonomi untuk menambah pendapatan rumah tangga.

“Kita memiliki produksi kelapa yang melimpah, mari kita maafaatkan ini untuk memproduksi minyak goreng secara mandiri. Disamping untuk memenuhi komsumsi rumah tangga, kita juga dapat memasarkannya hingga keluar Paulau Wawonii,” ajaknya.

Untuk menghasilkan minyak goreng yang memenuhi standar higienitas dan bernilai gizi tinggi, TP PKK Kabupaten Konawe Kepulaun telah memberikan pembinaan terhadap sejumlah kelompok Ibu Rumah Tangga yang memproduksi minyak kelapa. Kelompok ibu-ibu ini tersebar di sejumlah kecamatan yang ada.

Tak hanya itu, TP PKK Kabupaten Konawe Kepulauan juga memberikan bantuan dalam hal pemasaran hasil produk. Salah satunya adalah dengan cara mengikutsertakan minyak goreng produk IRT dari Konkep pada kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK di Kota Kendari belum lama ini. (Kominfo)