Kampolau, Wisata Pantai di Muara Sungai Lampeapi

konkepkab.go.id – Selain wisata Pantai Kampa Kecamatan Wawonii Barat dan Wisata Pantai Tengkera, ada satu lagi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi yakni Pantai Kampolau di muara sungai Lampeapi Desa Rawa Indah Kecamatan Wawonii Tengah.


Masyarakat sekitar menyebut Kampo Lau dalam bahasa Indonesia berarti kampung lama atau eks perkampungan masyarakat Wawonii di wilayah Lampeapi Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Kepuluan (Konkep).


Wisata pantai yang kini mulai dipoles oleh Pemerintah Desa setempat tersebut menjadi salah satu wisata andalan masyarakat khususnya di Kecamatan Wawonii Tengah dan menjadi sasaran libur akhir pekan para pecinta wisata bahari.


Menarik untuk dikunjungi karena objek wisata tersebut selain menyajikan panorama alam yang cukup indah karena berada diselat Wawonii, juga memiliki hamparan pasir putih yang diselimuti hutan mangrove dan jernihnya air sungai Lampeapi.


Jangan khawatir dengan aksebilitas menuju pantai Kampo Lau tersebut, berkat program Dana Desa, akses jalan sudah tersedia bahkan selain roda dua anda juga bisa menggunakan kendaraan roda empat dan langsung parkir di sekitar wisata andalan masyarakat sekitar yang kini sudah memiliki fasilitas penunjang wisata seperti gazebo dan ruang ganti.


Bagi anda yang ingin berkunjung di Pantai Kampo Lau tersebut dari luar Pulau Wawonii tidak usah khawatir akan mengeluarkan biaya yang banyak, hanya butuh biaya kurang lebih 50 ribu dari Kota Kendari sudah bisa menikmati suasana Pantai Kampo Lau.


Dari Kota Kendari anda bisa menggunakan kapal fery penyeberangan Kendari-Langara dengan waktu sekitar 3 jam, kemudian dari pelabuhan Langara hanya butuh waktu sekitar 40 menit menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju Pantai Kampo Lau.


Alternatif lain anda bisa menggunakan jasa penyeberangan Kendari-Wawonii menggunakan jasa  penyeberangan kapal rakyat di Kecamatan Wawonii Tengah lebih tepatnya di Pelabuhan Tumbu Tumbu Jaya atau Pelabuhan Lamongupa dengan waktu kurang lebih 3 jam, kemudian hanya butuh waktu sekitar  30 menit dari pelabuhan Tumbu Tumbu Jaya dan sekitar 20 menit dari pelabuhan Lamongupa sudah bisa memanjakan mata di Pantai Kampo Lau.