Konkep Kembali Raih Predikat B pada SAKIP & RB Award 2021

Langara, Konkepkab.go.id – Kabupaten Konawe Kepulauan kembali meraih Predikat B pada ajang SAKIP & RB Award 2021 yang digelar di Jakarta, Selasa (05/04). Atas prestasi tersebut Bupati Konawe Kepulauan, Ir. H. Amrullah, MT menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua Kepala OPD yang telah berkontribusi sehingga Konkep berhasil mendapat predikat ‘B’ dalam SAKIP Award 2021 ini.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja keras seluruh OPD dengan pencapaian ini, kita tingkatkan terus kinerja kita untuk Wawonii Bangkit masyarakat sejahtera,” ujarnya.

Pada ajang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) award tersebut Pemda Konkep berhasil mengguli hasil SAKIP yang raih oleh tiga kabupaten seumurannya yakni Kabupaten Buton Tengah, Muna Barat, dan Kolaka Timur yang masing-masing baru memperoleh predikat ‘CC’. Demikian keterangan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Konkep, Muhamad Radaad, ST.

“Konkep berhasil mendapatkan predikat B bersama 14 kabupaten/kota lainnya se Sultra, Masih ada 3 kabupaten di Sultra yang masih predikat CC. Pada tahun ini penyerahan penghargaan SAKIP Award 2021 untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, penerimaan penghargaan secara langsung di wakili oleh Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan berkat keberhasilannya naik dari predikat CC tahun sebelumnya menjadi predikat B di tahun 2021, sehingga menambah jumlah Kab/Kota penerima penghargaan SAKIP dengan predikat B di Sultra dari 12 Kab/Kota, menjadi 14 Kab/Kota di tahun 2021,” tuturnya.

Lebih jauh  dijelaskan, ruang lingkup evaluasi atas implementasi SAKIP meliputi kegiatan evaluasi terhadap perencanaan kinerja dan perjanjian kinerja termasuk penerapan anggaran berbasis kinerja, pelaksanaan program dan kegiatan, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan pencapaian kinerja.

Radaad juga mengatakan, keberhasilan Konkep yang mendapat predikat ‘B’ ini tentu tidak terlepas dari peran besar sang nahkoda Bupati Ir. H. Amrullah, MT, bersama Wakil Bupati Andi Muhammad Lutfi, SE, MM, dan Sekretaris Daerah Konkep, dan Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM.

“Pencapaian nilai SAKIP merupakan perjalanan panjang yang tidak lepas dari peran Pimpinan Daerah dalam hal ini Pak Bupati, Pak Wakil Bupati dan Pak Sekda yang berkomitmen dan terus mendorong serta memberikan arahan untuk peningkatkan nilai SAKIP,” jelasnya.

Selain itu, Radaad juga ikut mengapresiasi peran para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tetap konsiten mengawal komitmen kepala daerah sebagaimana tertuang dalan dokumen RPJMD Kabupaten Konawe Kepulauan 2016-2021.

“Apresiasi juga diberikan kepada Admin SAKIP OPD dan Tim Penyusun SAKIP Kabupaten yang telah bekerja menyajikan data SAKIP, sehingga pencapaian SAKIP Kabupaten Konawe Kepulauan bisa sejajar dengan daerah lain di Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucapnya. (Kominfo)