Tahun ini Pemkab. Konkep Target Fungsikan Senstra IKM Pengolahan Kelapa Terpadu

Fasilitas penunjang produksi telah rampung, Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) pengolahan kelapa terpadu ditargetkan akan beroperasi di tahun 2023 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Sudirman, SE, M.PWK, mewakili kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop), Sainul, SH, MM, mengatakan bahwa sebelumnya kendala yang dihadapi terkait keterlambatan pengoperasian Sentra IKM pengolahan kelapa terpadu ini ada 2 hal yakni kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketersediaan listrik.

“Alhamdulillah tahun ini sudah dianggarkan penyediaan listriknya dan kemarin pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah melakukan pemasangan. Insya Allah tahun ini akan kita muli pemanfaatan, karena semua mesin-mesin yang ada di dalam itu harus menggunakan listrik, ” jelasnya.

Lanjut Sudirman, uji coba pemanfaatan IKM Pengolahan Kelapa Terpadu akan dilaksanakan Maret mendatang dengan mengolah 5 produk yakni kopra putih, tempurung kelapa menjadi briket, sabut kelapa mejadi cocofiber dan turunannya, kemudian pengolahan batang kelapa dan natadecoco.

“Untuk Januari sampai Februari nanti dilakukan pembenahan, karena ada beberapa mesin itu sudah lama tidak digunakan, Insya ALlah Maret akan diuji coba dan bagaimana pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya.” ujarnya.

Untuk tenaga pengelola, lebih lanjut Sudirman mengatakan pihaknya telah membangun komunikasi dengan pengelola dari luar daerah, yang dianggap berpengalaman dalam pengolahan produk-produk yang akan diolah dalam industri pengolahan terpadu tersebut.

“Jadi sebagai langkah awal kami sudah membangun komunikasi dengan orang-orang di Pulau Jawa yang berpengalaman mengelola produk-produk ini dengan menggunakan mesin yang tersedia, sambil mengajar atau meberikan pengalaman kepada masyarakat lokal untuk melakukan produksi,” tuntasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top