Wisata "KANOPI" Didesain Terintegrasi

By Admin 07 Mar 2018, 03:36:30 WIB Wisata
Wisata "KANOPI" Didesain Terintegrasi

Keterangan Gambar : Ribuan warga memadati pantai "Kampa" salah satu destinasi wisata andalan Konkep, saat perayaan tahun baru Masehi 2018


Langara, konkepkab.go.id - Potensi wisata di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) begitu mempesona. Didaerah ini kita dampat menjumpai beragam destinasi wisata mulai dari wisata bahari, wisata budaya dan wisata alam. Pemerintah Kabupaten Konkep  mulai menata beberapa obyek wisata tersebut karena diyakini dapat memberikan sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat ini, Pemkab Konkep tegah menyusun rancangan strategis untuk memperindah sekaligus memperkenalkan tiga destinasi wisata yang masuk dalam tagline "Kanopi" yakni Kampa, Tumburano, Watuntinapi (KANOPI).

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT saat di temui di Pantai Kampa, belum lama ini mengatakan "Kanopi" merupakan obyek wisata andalan di Konkep sehingga perlu dilakukan desain terintegrasi antara pantai Kampa, Tumburano dan Watuntinapi.

"Sektor pariwisata menjadi salah satu misi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah sehingga menjadi skala prioritas dalam pembangunan kita ke depan," jelasnya.

Hanya saja katanya, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Konkep, sehingga pihaknya perlu memprioritaskan target pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi misi utama untuk membuka isolasi ketertinggalan.

"Karena kita masih keterbatasan anggaran makanya, ada skala prioritas yang harus kita capai terlebih dahulu, terkait dengan mengangkat kesejahteraan masyarakat, Insaa Allah target kita tahun 2018 sektor pariwisata akan kita genjot. Tapi terlebih dahulu dilakukan desain dan penataan," katanya.

Setelah dilakukan desain dan penataan terintegrasi tahun ini kata mantan Kadis PU Konkep itu, baru kemudian diekspos keluar sehingga bisa mendatangkan wisatawan manca negara.

"Tahun 2019 akan kita genjot sektor wisata kita, sekaligus mengekspos keluar sehingga dunia luar tahu, bahwa kita memiliki tempat wisata yang tidak kalah menariknya dengan wisata yang ada di daerah lain," janjinya.

Oleh karenanya kata H Amrullah tahun ini juga akan dirancang pola kerjasama antara pemilik lahan dengan Pemkab Konkep, terkait dengan pengelolaan kawasan wisata itu.

"Hanya kendala kita adalah proses pengkajian pola kerjasama, pengelolaan kawasan wisata karena ini adalah lahan masyarakat, sistem dan pola kerjasama inilah yang saya perintahkan Kadis Pariwisata untuk menelusuri, mengambil perbandingan, belajar di daerah lain terlebih dahulu kemudian menggunakan sistem itu, tentu dengan menyesuaikan kondisi daerah kita," terangnya.

Ditanya apakah sudah melakukan komunikasi awal dengan pemilik lahan? Bupati depinitif pertama Konkep itu mengaku sudah bertemu kepada salah seorang pemilik lahan yang ada ditanjung pantai kampa secara kekeluargaan.

"Khusus pemilik lahan di tanjung pantai kampa ini, saya sudah ketemu secara kekeluargaan. Insaa Allah tidak ada kendala, tinggal formulasi pola kerjasama antara pemilik lahan dengan pemerintah yang kita rumuskan. Insaa Allah, setelah itu. Seluruh sarana prasarana yang menjadi tanggung jawab pemerintah akan mulai dianggarkan untuk pembangunan sarana pantai kampa," tandasnya.(Eki)