Wawonii Diguyur Hujan Deras Puluhan Rumah Terendam Dua Jembatan Hanyut
Wakil Bupati Pimpin Tim Reaksi Cepat Bangun Jembatan Darurat

By Gafarudin 30 Mar 2020, 18:37:13 WIB Daerah
Wawonii Diguyur Hujan Deras Puluhan Rumah Terendam Dua Jembatan Hanyut

Keterangan Gambar : Tim Reaksi Cepat Pemda Konawe Kepulauan saat melakukan pembangunan jembatan darurat, foto : Jamhur Umirlan


konkepkab.go.id -  Hujan deras yang mengguyur Wawonii dan sekitarnya pada Senin (24/2/2020) dini hari mengakibatkan puluhan rumah di Desa Langara Iwawo dan Lamoluo Kecamatan Wawonii Barat terendam. Para korban mengalami banyak kerugian akibat rendaman air yang mencapai rata-rata lutut bahkan pinggang orang dewasa. Banyak dokumen berharga dan barang elektronik yang tidak sempat diamankan oleh pemiliknya sebab air masuk kedalam rumah saat para korban sedang tertidur lelap.

Selain merendam rumah, banjir ini juga menghanyutkan dua jembatan yang menghubungkan jalan lingkar Pulau Wawonii. Jembatan Lamoluo di Kecamatan Wawonii Barat dan Jembatan Waturai di Kecamatan Wawonii Tenggara. Putusnya dua jembatan tersebut mengisolasi ribuan warga yang bermukim di Kecamatan Wawonii Tengah, Wawonii Selatan dan sebagian di Wawonii Tenggara.

Tak mau warganya terisolasi lama-lama, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan langsung mengambil gerak cepat untuk membangun jembatan darurat. Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi terjun secara langsung memimpin tim yang terdiri dari personil Dinas PU yang mendapatkan bantuan dari warga.

“Kalau tidak ada halangan, dalam dua hari ini jebatan yang putus sudah dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat, kita harus melakukan gerak cepat seperti ini untuk memberikan kenyamanan pada warga kita yang terdampak,” kata Wakil Bupati. (Dullah)