Wawonii Berpotensi Jadi Kawasan Industri Kelapa Terpadu

By Admin 06 Mar 2018, 07:48:22 WIB Ekonomi
Wawonii Berpotensi Jadi Kawasan Industri Kelapa Terpadu

Keterangan Gambar : Proses pengeringan Kopra miliki salah satu petani di Kecamatan Wawonii Utara dengan memanfaatkan sinar matahari, Foto : Salfa


Langara, konkepkab.go.id - Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) adalah salah satu daerah yang memiliki potensi kelapa cukup besar, dari dulu hingga saat skarang daerah ini menjadi penyuplai kopra terbesar di Sultra.

Besarnya hasil kelapa yang dimiliki Pulau Wawonii itu sangat berpotensi jika daerah tersebut dijadikan sebagai kawasan industri kelapa terpadu. Demikian yang disampaikan Kepala Bidang Perdagangan, Disperindagkop dan UKM Konkep, Sudirman, Kamis (15/2).

"Yang kita inginkan, Wawonii menjadi sentra industri kelapa terpadu karena memang kita memiliki potensi hasil kelapa yang cukup besar. Tapi ini kan baru konsep pemikiran saya sendiri," bebernya.

Makanya lanjut dia, Disperindagkop dan UMKM berupaya untuk menyediakan pemanggangan kopra yang rencananya akan disebar di beberapa Kecamatan yang memiliki potensi kelapa cukup besar.

"Tahun ini, baru Kecamatan Wawonii Selatan. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa dibantu oleh Kementerian terkait untuk penyediaan pemanggang kopra di Kecamatan lainnya yang ada di Konkep," harapnya. (Eki)