Wakil Bupati Himbau Para Kades Perhatikan Jaminan Kesehatan Masyarakatnya
* Bocah Penderita Gizi Buruk Konkep Perlahan Membaik

By Admin 08 Mar 2018, 19:46:19 WIB Kesehatan
Wakil Bupati Himbau Para Kades Perhatikan Jaminan Kesehatan Masyarakatnya

Keterangan Gambar : Ibnu Fasa Ibrahim, Bocah Penderita Gizi Buruk di Konkep, kini kondisinya perlahan membaik. (Foto : Zalfa)


Langara, konkepkab.go.id - Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) sayangkan kinerja Kepala Desa (Kades) Mosolo yang dinilai kurang memperhatikan keadaan masyarakatnya, terutama adanya bocah penderita gizi buruk dan juga tidak terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.


Mengantisipasi adanya penderita lain di lingkup Konkep, Wabup, Andi Muhammad Lutfi menekankan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) se-Konkep untuk medeteksi sedini mungkin adanya penderita gizi buruk di desa masing-masing.


"Apa kerjanya ini kepala desa (Mosolo), ada warganya yang sakit seperti ini (busung lapar), dia tidak perhatikan, seharusnya kalau ada masalah seperti ini, sebagai kepala desa harus aktif mendampingi, apa lagi ini dia (Pasien) tidak punya kartu BPJS, seharusnya dia (Kades) harus ada di sini kawal apa keluhannya, apa kekurangannya, ini tigas penting semua kepala desa di Konawe Kepulauan ini, deteksi masyarakatnya yang tidak terdaftar BPJS, kemudian laporkan," kesalnya.


Lebih lanjut Andi Lutfi juga menugaskan tim yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Konkep, Alno Berniat untuk memantau langsung kondisi masyarakat di Desa Mosolo, Ia khawatir jangan sampai ada kasus yang sama yakni gizi buruk di desa penghasil cengkeh tersebut.


"Sudah ada tim yang ke sana (Mosolo), untuk memantau jangan sampai ada penderita lainnya (gizi burk), kita doakan saja mudah-mudahan tidak ada," harapnya.


Di tempat berbeda, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Konkep, Turif menambahkan bahwa pihaknya telah mendaftarkan bocah penderita gizi buruk dan juga ibunya ke BPJS perwakilan Konkep.


"Alhamdulillah sudah terdaftar di BPJS, kemarin kita sudah urus, untuk sementara kita daftarkan BPJS mandiri, supay langsung aktif dan bisa difungsikan, paling lambat satu bulan kedepan Insya Allah akn dialihkan ke BPJS yang ditanggung pemerintah," katanya.


Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konkep, dr Asep Subarkah selaku dokter yang menangani bocah enam tahun tersebut mengatakan bahw kondisinya kini perlahan membaik.


"Alhamdulillah ada perubahan, sudah bisa makan, dan kondisinya sudah agak membaik dibading pertama masuk," katanya. (Zalfa)