Penuhi Ketersediaan Air Bersih Dalam Kota, Pemda Konkep Bangun Jaringan Rp 15 Milyar

By Admin 08 Mar 2018, 16:53:25 WIB Sumber Daya Alam
Penuhi Ketersediaan Air Bersih Dalam Kota, Pemda Konkep Bangun Jaringan Rp 15 Milyar

Keterangan Gambar : Bak Penampung air bersih di titik Bukit Permai yang kini proses pembangunannya telah rampung, Foto (Zalfa)


Langara, konkepkab.go.id - Penuhi pelayanan dasar, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tidak hanya fokus membangun infrastruktur jalan lingkar dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan menggelontorkan anggaran pendidikan hingga miliaran rupiah, tetapi juga berusaha membangun infrastruktur penyedia kebutuhan primer yakni ketersediaan air bersih.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Konkep, Israwan Sulpa Dipl WRD di ruang kerjanya mengatakan bahwa tahun ini akan segera memungsikan jaringan air bersih yang kini telah selesai pembangunan jaringan induknya.

"Jaringan induknya sudah selesai, termasuk bak penampung di dua titik, Lanowatu dan Bukit Permai, In shaa Allah tahun ini tinggal kita perbaiki jaringan-jaringan kecil dalam kota, apakah diganti pipanya atau hanya diperbaiki, yang jelas sekarang airnya sudah bisa mengalir sampai di Rujab Bupati, karena batas di situ (Rujab Bupati Konkep) batas jaringan induk dengan besaran pipanya enam inci,"jelasnya.

Penyediaan air bersih yang dirancang berskala dalam kota tersebut lanjut Israwan, diperkirakan menelan anggaran hingga 15 milyar dengan rincian Rp 7,5 milyar diabggarakan tahun 2017 untuk bak penampung dan jaringan induk.

"Tahun ini juga sama kita anggarkan kurang lebih tunuh milyar untuk perbaikan jarangan dalam kota, termasuk sampai di Wawo Bili, Langara Bajo dan bangunan Rumah Sakit yang baru," katanya.

Jaringan air bersih yang sumbernya berasal dari dua titik yakni Lanowatu dan Bukit Permai tersebut tambah Israwan, menghasilkan debet air hingga 0,6 kubik perdetik dan hal itu bisa melayani kebutuhan air bersih dalam Kota Langara.

"Dua titik sumber (Lanowatu dan Bukit Permai) ini saling konek, disalurkan dengan pipa enam inci, dan memang berdasarkan hasil perhitungan kami (PU), dengan debet air kurang lebih 0,6 kubik perdetik sudah bisa memenuhi kebutuhan air bersih dalam Kota Langara," yakinnya. (Zalfa)