Pantai Pu\'esa Lukisan Ilahi Dibawah Tebing Desa Sukarela Jaya

By Admin 16 Jul 2019, 23:00:51 WIB Wisata

Langara (konkepkab.go.id) Keindahan destinasi alam Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) begitu memukau. Sebuah pulau terluar Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki panorama alam yang sangat-sangat menggoda. Kabupaten dengan sebutan akrab Pulau Wawonii terdapat jejak karya tuhan yang sangat indah yang diberi nama Pantai Pu'esa. Pantai dengan hamparan pasir putih sejauh 800 meter itu  serta terdapat gunung terbelah berada di Desa Sukarela Kecamatan Wawonii Tenggara. 

Untuk sampai di pantai tersebut,  harus menempuh perjalanan sepanjang 40 kilometet dari Langara (pusat ibu kota kabupaten). Dengan mengunakan kendaraan bermotor maupun roda empat melalui jalan yang masi tahap pengerjaan. Pohon-pohon hijau yang menjualan tinggi sepanjang jalan membuat mata terperengah. Kicauan burung merdu dan suara jangkrik sesekali terdengar mengiringi perjalanan menuju pantai Pu'esa. 

Uniknya pantai tersebut berseblahan dengan pantau Tangkera, Desa Nambo Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara. Kendaraan yang digunakan tidak bisa tembus mencapai titik pantai Pu'esa. Para wisatawan masi berjalan kaki sekira 50 meter untuk menikmati wisata bahari Pulau Wawonii. Cukup menguji adrenalin menaklukan jalan bebatuan. Tetapi sepajang perjalanan 50 meter itu mata dimanjakan dengan tebing yang indah dan goa, yang menurut cerita tempat persembunyian orang tua terdahulu dari kejaran musuh. 

Gemuruh ombak pantai Pu'esa yang berhadapan langsung dengan Laut Banda sudah terdengar dari kejauhan. Ditambah cuaca dingin dan sejuk membuat pernafasan jadi terasa segar. Rasa lelah perjalanan langsung terbayar setelah melihat obyek wisata ciptaan tuhan itu yang masi alami. Namun wisata bahari Pu'esa itu, baru ramai dikunjungi saat libur akhir pekan dan libur hari raya. Salah satu pengunjung Mira mengatakan, wisata pantau Pu'esa ini, belum lama terkenal. Namun dirinya sudah beberapa kali menikmati hamparan pasir putih dan ombak yang pecah dibawa tebing pantai tersebut. 

"Obyek wisata pantai Pu'esa ini belum terkontaminasi. Masi sangat-sangat alami," kata Mira, warga Desa Sukarela Jaya, saat ditemui usai selfie di pantai Pu'esa kepada kendari pos kemarin. Kata wanita berparas cantik itu, mengaku tak pernah bosan menghabiskan waktu lowong untuk berwisata di pantai tersebut. "Setiap libur saya selalu kesini (pantai Pu'esa red). Karena pantai ini jauh dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Dan perlu diketahui pantai Pu'esa sangat berdekatan pantai Tangkera. Banyak spot-spot yang bisa diabadikan di pantai ini," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Pemuda dan Olaharaga (Parmudora) Konkep, Armin menegaskan akan mengembangkan semua obyek wisata yang ada di Pulau Wawonii. Namun, pihaknya masi keterbatasan anggaran agar obyek wisata di daerah itu bisa terkenal luas seperti obyek wisata lainya yang sudah lebih dulu dikenal wisatawan. "Banyak obyek wisata yang ada di Wawonii. Mulai dari obyek wisata pantai, air terjun hingga budaya. Semua itu berlahan akan kami kembangkan," ujar Kadis Parmudora Konkep, Armin. 

Kata dia, saat ini pihaknya masi fokus mengembangkan obyek wisata Pantai Kampa. Karena pantai Kampa keciprak anggaran Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. "Bukan berarti obyek wisata lain kami tidak perhatikan. Semua obyek wisata kami perhatikan untuk dikembangkan," jelasnya.(san)