Mentan Ajak Masyarakat Wawonii Perbanyak Tanam Pala dan Kelapa

By Admin 10 Agu 2017, 13:35:38 WIB Ekonomi
Mentan Ajak Masyarakat Wawonii Perbanyak Tanam Pala dan Kelapa

Keterangan Gambar : Menteri Pertanian RI Dr. H. Amran Sulaiman, MP mengujungi kebun pala milik masyarakat Wawonii dalam kunjungannya di Kabupaten Konawe Kepulauan


LANGARA (Konkepkab.go.id) - Mendadak Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), DR H Andi Amran Sulaiman MP berkunjung ke Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), dalam kunjungannya Menteri kedua yang menginjakkan kaki di pulau kelapa tersebut mengajak Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep dan masyarakat untuk mengembangkan potensi pertanian dengan target Wawonii sebagai Kota kelapa dan pala.
 
"Namanya saja Pulau Wawonii, yang artinya Pulau atau bukit kelapa, jadi Wawonii harus menjadi Kota Kelapa, kemudian di Wawonii ini banyak potensi pertanian lainnya seperti pala, masyarakat harus bangun dari tidur panjang untuk bekerja bekerja dan bekerja, kita jadikan Wawonii sebagai Kota Kelapa dan Pala," ajaknya.
 
Mentan juga mengajak masyarakat Wawonii untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah di Indonesia melalui pengembangan potensi pertanian salah satunya peremajaan 3000 hektar kelapa dan tanaman pala di Konkep.
 
"Kita dijajah oleh belanda bukan karena tambang, tapi karena rempah-rempah, jadi kita harus bekerja untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah yang pernah kita miliki, salah satu daerah yang berpotensi untuk menyumbang demi kejayaan rempah-rempah Indonesia adalah Konawe Kepulauan, tetapi bagaiman ini akan tercapai kalau di Wawonii ini masih banyak lahan dan masyarakat yang tidur," katanya.  
 
Demi mengembangkan potensi pertanian yang ada di Wawonii, Amran Sulaiman menjanjikan kepada Pemda Konkep bantuan alat pertanian berupa 1 unit exsapator, 2 unit traktor, 10 unit mesin pompa air dan 3000 hektar bibit peremajaan kelapa dan pala yang ditaksir mencapai angka Rp 16 milyar.
 
Di tempat yang sama, Bupati Konkep Ir H Amrullah MT mencoba memaparkan potensi pertanian yang ada di Konkep yakni kelapa seluas 11.561 hektar, cengkeh 722 hektar, kopi 922 hektar, lada 280 hektar, kakao 3.510 hektar jambu mete 5.366 hektar, kemiri 33 hektar dan sagu seluas 267 hektar.
 
"Sejak dulu memang sektor pertanian yang memegang sektor penting dalam perekonomian masyarakat Wawonii, yang potensinya cukup besar adalah tanaman kelapa, berdasarkan informasi dari dinas pertanian Konawe Kepulaun luasnya mencapai angka 11.561 hektar, dan kami harap Pak menteri (Pertanian) memberikan perhatian kepada para petani kami (Konkep) agar bisa mengembagkan potensi pertanian yang cukup besar ini," paparnya. (Zalfa)