Masjid Raya Wawonii Segera Dibangun

By Admin 18 Feb 2020, 09:37:27 WIB Daerah
Masjid Raya Wawonii Segera Dibangun

Keterangan Gambar : Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT bersama beberapa Kepala OPD saat memantau lokasi pembangunan Mesjid Baitul Amal Konkep, Senin (10/2).


Langara, konkepkab.go.id - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus menata perwajahan Kota Langara, tahun ini kawasan kumuh di Desa Langara Iwawo atau pemukiman masyarakat Lapulu mulai ditata menjadi pusat kegiatan religi atau sentra spiritual masyarakat Wawonii yang diawali dengan pembangunan Masjid Raya Wawonii.

Usai memantau lokasi pembangunan Mesjid Raya yang diberi nama Baitul Amal tersebut, Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT  mengatakan bahwa sebelum melakukan pembangunan, terlebih dahulu akan merelokasi masyarakat sekitar dalam bentuk penyediaan rumah di Perumahan Pasir Putih maupun dalam bentuk ganti rugi.

"Jadi masyarakat yang tidak terganti rugi akan disediakan rumah di Perumahan Pasir Putih, yang jelas sebelum Kita melakukan pembangunan akan dituntaskan dulu pembebasan lahannya, dan ini sudah Kami lakukan tinggal separuh yang belum dibebaskan lahannya terutama dibagian darat, kalau dibagaian laut sebagian besar sudah selesai diganti rugi," katanya.

Selain menata kawasan kumu Kota Langara, lanjut Amrullah, pembangunan Masjid Baitul Amal di kawasan Lapulu tersebut juga dinilai cukup startegis karena selain berada di tengah atau di pusat Kota Langara juga berada di pesisir pantai dan bisa didesign menjadi masjid terapung Pulau Wawonii.

"Kalau perwajahan Kota Kita tertata dengan baik, ini akan menjadi salah satu daya tarik masyarakat luar untuk berkunjung di Pulau Wawonii termasuk menarik para investor untuk berinvestasi, tetapi sejauh ini Kita belum mendesain bari sebatas pembebasan lahan dan penimbunan lokasi," katanya.

Lebih lanjut Amrullah mengatakan bahwa anggaran pembangunan Masjid Baitul Amal Konkep tersebut tidak sepenuhnya dibebankan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konkep, tetapi selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid Raya Wawonii tersebut H Amrullah mengaku akan berupaya menggalang dana demi pembangunan sentra spiritual masyarakat Wawonii tersebut.

"Kalau pembiayaannya tidak sepenuhnya kita sandarkan ke APBD tetapi akan diupayakan untuk menggalang dana kepada pihak ketiga yang sifatnya tidak terikat, kemudian untuk tahun ini dalam APBD Konkep hanya dianggarkan sekitar 200 juta untuk biaya penimbunan, kalau penimbunan yang sudah dilakukan itu swadaya dari masyarakat, patungan para Kepala Dinas maupun masyarakat yang ingin berinfak dan sedekah untuk pembangunan pusat religi masyarakat," katanya.

Upaya penggalangan dana untuk pembangunan masjid tersebut, jelas Amrullah dilakukannya untuk memberi kesempatan kepada masyarakat dalam menyalurkan infak dan sedekah yang juga sesuai inspirasi penamaan Masjid Baitul Amal yaitu sebagai wadah untuk beramal masyarakat Wawonii.

"Jadi sesuai penamaanya, Masjid Baitul Amal, menjadi suatu wadah untuk tempat beramal, baik dalam proses pembangunannya sudah mengajak masyarakat untuk beramal yakni berinfak dan sedekah, kemudian setelah terbangun Inshaa Allah akan menjadi pusat spiritual masyarakat, selain Masjid tempat beribadah, juga termasuk islamik center dan tempat untuk kegiatan hafiz Quran dan sebagainya," katanya. (Zalfa Zafhan)