Mahasiswa KKN UHO Ajak Masyarakat Nelayan Lestarikan Mangrove

By Admin 06 Mar 2018, 18:19:22 WIB Daerah
Mahasiswa KKN UHO Ajak Masyarakat Nelayan Lestarikan Mangrove

Keterangan Gambar : Mahasiswa KKN UHO 2018 bersama masyarakat Trans Nelayan Konkep melakukan penanaman mangrove di pesisir Pantai Tumbu Tumbu Jaya. Foto (Zalfa)


Langara, konkepkab.go.id - Untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap kelestarian alam, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) mengajak warga Transmigrasi Nelayan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menanam mangrove di pesisir pantai Desa Tumbu Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah.


Koordinator Desa (Kordes) KKN UHO 2018 Desa Tumbu Tumbu Jaya, Abdillah Alhasni yang ditemui di Desa Tumbu Tumbu Jaya, Selasa (6/3/2018) mengatakan Ia bersama rekan-rekannya berusaha menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat pesisir terutama masyarakat Trans Nelayan akan pentingnya tumbuhan mangrove dalam mengurangi abrasi pantai.


"Kami melihat pohon mangrove di sekitar Pantai Tumbu Tumbu Jaya banyak yang mati dan abrasi mulai mengikis pesisir pantai daerah ini, sehingga kami berusaha untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dengan cara melakukan penanaman mangrove, mudah-mudahan dengan penanaman mangrove ini masyarakat bisa sadar untuk tidak menebang bakau yang tumbuh di pesisir pantai," ajaknya.


Selain kegiatan penanaman ratusan pohon mongrove bersama masyarakat, Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pilitik (FISIP) Angkatan 2014 tersebut bersama rekan-rekannya juga mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai sayuran.


"Banyak ilmu yang kami peroleh dalam kesempatan KKN ini, kami juga bisa bersama-sama masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan untuk menanam berbagai sayuran, termasuk melakukan kegiatan-kegiatan kepemudaan seperti Futsal antar desa, Voly, Sepak Takraw, Bola Gotong hingga kegiatan keagamaan seperti lomba azan dan hafalan surah pendek untuk adik-adik tingkat SD dan SMP, Kami sangat bersyukur bisa diberi kesempatan belajar di Konawe Kepulauan ini yang masyarakatnya sangat ramah," katanya. (Zalfa)