Lawan Virus Corana Dengan Virus Inovasi

By Admin 26 Nov 2020, 11:23:40 WIB Teknologi
Lawan Virus Corana Dengan Virus Inovasi

Keterangan Gambar : Sekda Prov. Sultra Dr. Hj. Nur Endang Abbas, SE., M,Si saat membuka apat koordinasi Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tengara, Kamis 26 November 2020 di Kota Kendari yang juga ditayangkan Daring melalui aplikasi zoom meeting


Langara (Konkepkab.go.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara  Hj. Nur Endang Abbas  mengajak seluruh insan kominfo di Provinsi Sulawesi Tenggara untuk menjadi garda depan dalam mengedukasi masyarakat terutama mengenai masalah yang berhubungan dengan Covid-19 yang saat ini tengah mewabah. Pemenang Inovasi Top 99 ini bahkan mengajak seluruh pegawai Kominfo se Sultra untuk melawan Virus Corona dengan Virus Inovasi. Hal ini Ia sampaikan saat membuka kegiatan rapat koordinasi Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tengara, Kamis 26 November 2020 di Kota Kendari yang juga ditayangkan Daring melalui aplikasi zoom meeting.

Virus Inovasi yang dimaksud adalah langkah atau strategi kreatif yang ditempuh dalam memulihkan berbagai permasalahan yang timbul akibat Covid-19. Baik itu persoalan kesehatan, ekonomi maupun sosial.

“Saya mengajak kita semua untuk lebih kretif dalam menumbuhkembangkan inovasi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sehingga dengan ivonasi yang dibuat akan mampu mendorong optimisme masyarakat untuk hidup lebih produktif sesuai dengan prioritas Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yakni untuk mewujudkan Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh,” katanya.

Lanjut dikatakan, sebagai lembaga yang mengurusi masalah informasi dan komunikasi, Kominfo harus  menjadi garda terdepan dalam urusan komunikasi publik terutama mengkonter berita-berita bohong yang tengah marak saat ini, disisi lain Kominfo harus mampu membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit”  yang telah digaungkan oleh pemerintah pusat.

Baik atau buruknya  image sebuah manajemen pemerintahan, kata dia menjadi tanggung jawab insan kominfo, karena di bahu mereka terpikul tugas dan tanggung jawab sebagai Publik Relation (PR). Untuk itu dibutuhkan kemampuan berkomunikasi antar personal dan mengemas informasi yang baik.

Covid-19 kata Dia telah memberikan dampak pada semua lini kehidupan di masyarakat baik nasional maupun di daerah. Akibatkan terjadi pelambatan pembanguan dan mengontraksi pertumbuhan ekonomi di Sultra yang saat ini telah mencapai minus dua persen.

“Saat ini secara kasat mata kita telah melihat dan merasakan dampak yang diakibatkan oleh Covid-19 yang mengganggu semua sendi kehidupan. Masalah ini masih akan kita hadapi tahun ini dan depan” tutupnya. (Abdullah)