Potensi Wisata Alam

By Admin 17 Jan 2017, 20:15:30 WIB

Berita Foto Populer

1. Air terjun Tumburano

Berada di Desa Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara yang berjarak ± 20 Km dari Ibu Kota Kabupaten Konawe Kepulauan. Air terjun ini memiliki legenda sepasang kekasih (Durubalewula dan Wulangkinokooti) yang tidak direstui oleh kedua orang tua mereka, kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka di air terjun ini.

2. Air Terjun Kopea

Berada ± 33 Km dari Ibu Kota Kabupaten Konawe Kepulauan tepatnya di desa Lawey Kecamatan Wawonii Selatan dengan ketinggian ± 30 m. Air terjun ini merupakan hulu Sungai Roko-roko, yang di observasi oleh Pemda Konawe Kepulauan (Bappeda dan PM) berdasarkan informasi masyarakat desa lawey pada tanggal 23 September 2014, air terjun ini sangat berpotensi dimanfaatkan sebagai objek wisata dan pengembangan PLTA/PLTMH.

3. Air Terjun Kopea

Air terjun ini terletak di Hulu sungai Lampeapi Kecamatan Wawonii Tengah dengan ketinggian ± 30 m. Jarak dari Ibu Kota Kabupaten ± 10 Km. Air terjun ini juga berpotensi dijadikan sebagai objek wisata. Rencananya air terjun Laantambaga akan di jadikan sebagai pembangkit Listrik Tenga Mikro Hidro (PLTMH), dan sudah dilakukan survey awal oleh Institute Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 13 Oktober 2014 dengan kekuatan listrik ± 0,7 Mega Watt.

4. Air terjun Lanuku

Berada di Desa Wawouso Kecamatan Wawonii Selatan dengan ketinggian ± 20 m. Jarak dari Ibu Kota Kabupaten ± 31 Km, air terjun ini sangat berpotensi dijadikan sebagai objek wisata. Di hari-hari tertentu Air terjun ini sangat ramai di kunjungi masyarakat setempat/ desa-desa tetangga, seperti saat tahun baru (masehi) dan lebaran (Idul Fitri).

5. Ringkulele

Berada di Langara Kecamatan Wawonii Barat, air terjun ini hanya digunakan untuk tempat rekreasi masyarakat saat hari-hari tertentu, seperti Idhul Fitri dan Tahun Baru masehi.

6. Sungai Mosolo

Daerah Aliran Sungai (DAS) ini terletak di Desa Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara, memiliki air yang sangat jernih sangat berpotensi dijadikan sebagai pusat pengembangan air minum mineral. Yang lebih mengherankan lagi di titik pertemuan antara aliran sungai dengan air laut itu masih terasa tawar.

7. Laa Wawonii

Terletak di hulu sungai Wawonii (Desa Ladianta Kecamatan Wawonii Timur Laut) dengan jarak ± 30 Km dari Ibu Kota Kabupaten Konawe Kepulauan. Tepatnya di sebalah Istana Jin (Perkampungan Lakino Wawonii). Konon ceritanya sungai ini adalah tempat permandian para bidadari-bidadari dari kayangan.