Geografis

By Admin 13 Jan 2017, 20:06:00 WIB

Berita Foto Populer

Letak geografis Kabupaten Konawe Kepulauan adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Wawonii
Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Banda
Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Buton
Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Wawonii
 
Luas wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan (Wawonii) adalah sekitar ± 1.513.98 Km terdiri dari daratan ± 867, 58 Km2, Luas Perairan (laut) ± 646, 40 km2 dan garis pantai 178 km2. Atas dasar kondisi tersebut, maka potensi sektor perikanan dan kelautan serta sektor pariwisata (wisata air terjun dan wisata bahari) menjadi sektor andalan daerah ini.
Secara administratif Konawe Kepulauan terbagi menjadi 7 Kecamatan dengan ibu kota kabupaten berada di Langara. Pada tahun 2013 jumlah penduduk tercatat sebanyak 30.396 jiwa terdiri dari 15.179 jiwa laki-laki dan 15,217 jiwa perempuan.
Secara geografis Kabupaten Konawe Kepulauan berada pada posis strategis karena perairan lautnya di lalui jalur pelayaran nasional kawasan timur dan barat, wilayah darat pulau wawonii di apit oleh laut banda dan selat buton yang memiliki sumber daya keragaman hayati cukup besar.
Sedangkan bentuk topografi wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan pada umumnya merupakan dataran rendah, bergelombang hingga berbukit. Sedangkan wilayah yang tergolong pegunungan jumlahnya sangat terbatas. Pulau Wawonii merupakan daerah angkatan, dengan ketinggian antara 0 – 1.000 m diatas permukaan laut. Daerah dengan ketinggian antara 50 – 1.000 m diatas permukaan laut merupakan daerah perbukitan sampai pegunungan dengan kelerengan antara 0 – 40 persen di bagian tenggara, utara dan timur dan timur laut pulau wawonii. Iklim pada wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan adalah termasuk iklim tropis dengan suhu terendah 180C. Type iklim menurut Smith-Ferquson termasuk type iklim C dengan curah hujan tahunan secara rata-rata tercatat antara 1.500 mm/tahun hingga 2.898 mm/tahun.
Dari hasil identifikasi potensi pemetaan wilayah darat dan laut konawe kepulauan memiliki peluang yang sangat besar untuk di kembangkan. Karena memiliki potensi kemaritiman yang cukup luas untuk pembangunan industri perikanan pelabuhan regional dan pada daerah pesisir keliling pulau wawonii pantainya menjadi potensi pariwisata. Di beberapa kecamatan di tumbuhi tanaman mangrove dan panorama bawah lautnya terdapat terumbu karang yang sangat indah dimana di sekelilingnya di tumbuhi lamun tempat ikan duyung (dugong) berkembang biak sejak lama.
Pada bagian wilayah darat Konawe Kepulauan terdapat sejuta potensi unggulan, terutama bidang pertambangan seperti nikel, pasir kroom, pasir kuarsa, marmer, emas, batu bara, batu gunung dan sirtu (Pasir Kali). Bidang Pertanian Kabupaten Konawe Kepulauan memiliki areal persawahan yang cukup luas serta tanaman jangka panjang dan jangka pendek. Di bidang perkebunan komiditi unggalannya antara lain : Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, pala dll.
Bidang Kehutanan pulau wawonii masih terdapat paru-paru bumi yang masih perawan, terdapat pula 23 sungai dan 10 air terjun yang ketinggiannya mencapai ± 120 m dimana debet airnya sangat keras, sangat cocok untuk digunakan sebagai sumber energi (pembangkit listrik tenaga makro, mikro hidro (PLTMH)). Kemudian di tengah-tengah gunung waworete (Pulau Wawonii) terdapat danau yang cukup besar dan di sekitarnya terdapat danau kecil yang sangat panas.
Dan di bidang seni dan Budaya Kabupaten Konawe Kepulauan terdapat kekayaan sejarah peradaban pemukiman para raja-raja wawonii yang disebut Lakino, benteng-benteng bersejarah, makam raja, tari lense, tari molihi, dan situs-situs bersejarah yang terdapat di dalam gua.
Dan keseluruhan pelosok Kabupaten Konawe Kepulauan adalah pegunungan dan pesisir yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata lokal dan mancanegara.