Arti Lambang

By Admin 13 Jan 2017, 19:55:14 WIB

Berita Foto Populer

I. NAMA DAN BENTUK LAMBANG

1. Lambang Daerah bernama Konawe Kepulauan

2. Lambang Daerah membentuk (5) lima sudut melambangkan 5 (Lima) Sila Pancasila sebagai bingkai kesatuan keragaman, berbeda-beda tetapi satu.

1. Bintang

Adalah simbol yang merupakan pencerahan bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Konawe Kepulauan yang bersumber dari spritualitas religius yang menunjukan bahwa masyarakat Konawe Kepulauan adalah masyarakat agamis (beriman dan bertaqwa) yang tunduk dan taat terhadap ajaran agama yang di anutnya.

2. Kolungku

Adalah Simbol Adat. Sebuah wadah seserahan atas suatu peristiwa adat yang menunjukan bentuk penghormatan, penghargaan dan pemuliaan nilai-nilai budaya, tradisi dan peradaban masyarakat / suku WAWONII yang bersifat normatif dan mengikat.

3. Padi dan Kapas

Adalah simbol kemakmuran dan kesejahtraan.Sebuah cita-cita yang ingin dicapai oleh masyarakat dan daerah melalui upaya-upaya pembangunan yang berencana, bertahap dan berkelanjutan menuju pada masyarakat yang adil, makmur, sejahtra, lahir dan batin.

4. 23 (dua puluh tiga) Butir Padi

Adalah simbol yang menunjukan bahwa Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Konawe Kepulauan diresmikan pada tanggal 23 Oktober 2013

5. 13 (tiga belas) Butir Kapas

adalah simbol yang menunjukan bahwa upaya perjuangan pemekaran yang dilakukan selama 6 tahun 3 bulan 12 hari telah berhasil menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Konawe Kepulauan berdasarkan Undang -Undang No. 13 Tahun 2013.

6. 7 (tujuh) simpul ikatan Padi Kapas

adalah simbol ikatan kesatuan, kebersamaan dan keutuhan yang menjadi kekuatan perjuangan seluruh masyarakat mulai dari tujuh 7 (tujuh) desa berkembang menjadi 7 (tujuh) kecamatan menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Konawe Kepulauan.

7. Lingkarang Inti yang Terdiri atas:Darat (Pulau) Laut & Udara.

adalah simbol yang menunjukkan cakupan wilayah/daerah otonomi Kabupaten Konawe Kepulauan sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan terdiri atas 3 (tiga) Matra yakni: Matra Darat (wilayah darat), Matra Laut (wilayah laut), Matra Udara (wilayah dirgantara).

8. Pulau & Kelapa

  1. Pulau menunjukan nama daerah letak dan kedudukan Kabupaten Konawe Kepulauan yakni Pulau Wawonii
  2. Kelapa adalah komoditi utama masyarakat Wawonii (Konawe Kepulauan) sebagai sumber penghidupan sosial ekonomi Masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Kelapa adalah simbol yang sakral karena di jadikan Mas Kawin dalam adat perkawinan masyarakat Wawonii di Kabupaten Konawe Kepulauan.
  4. 11 (sebelas) pelepah dan 5 (lima) buah kelapa menunjukan bahwa daerah otonom Kabupaten Konawe Kepulauan disahkan pada tanggal 11 (sebelas) bulan 5 (lima) tahun 2013.

 

I. ARTI DAN MAKNA WARNA

1. Warna Putih adalah lambang kesucian dan religiusitas

2. Warna Biru Mempunyai arti kesuburan dan produktivitas

3. Warna Hijau Mempunyai arti sebagai kemakmuran dan kesejahteraan

4. Warna Cokelat Mempunyai arti potensi sumber daya alam yang ada diperut bumi Kab. Konawe Kepulauan

5. Warna Kuning Mempunyai arti kejayaan dan kemuliaan.

6. Warna Hitam Menunjukkan ketangguhan, kekuatan dan kesabaran.

Demikian arti dan makna, nama, bentuk, simbol dan warna Lambang Daerah Konawe Kepulauan yang telah diurai dan atau dijabarkan berdasarkan pemahaman secara historis, filosofis dan sosial budaya masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan