Genap Dua Tahun Pimpin Konkep, Amrullah- Andi M. Lutfi Sukses Buka Isolasi Pulau Wawonii

By Admin 17 Feb 2018, 10:28:37 WIB Daerah
Genap Dua Tahun Pimpin Konkep, Amrullah- Andi M. Lutfi Sukses Buka Isolasi Pulau Wawonii

Keterangan Gambar : Gubernur Sultra, H. Nur Alam saat melantik pasangan Ir. H. Amrullah, MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE., MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan


Langara, (Konkepkab.go.id) – Hari ini, 17 Februari 2018 menandai genapnya dua tahun kepemimpinan pasangan Ir. H. Amrullah, MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE., MM sebagai Bupati dan wakil Bupati di Kabupaten Konawe Kepulauan. Bupati dan Wakil Bupati depenitif pertama hasil pemilihan langsung di Kabupaten Konawe Kepulauan ini dilantik oleh Gubernur Sultra H. Nur Alam kali itu pada tanggal 17 Februari 2016 di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra di Kota Kendari.

Dua tahun menahkodai Konawe Kepulauan, Amrullah-Andi M.Lutfi telah berhasil mewujudkan sejumlah komitmen politik mereka diantaranya keberhasilan membuka isolasi Pulau Wawonii melalui kegiatan peningkatan kualitas ruas jalan Lingkar Pulau Wawonii sepanjang 115 km. Sebagaimana di ungkapkan oleh Kepala Dinas PU Konkep, Israwan Sulpa, ST., Bit. WRD, Jalan lingkar Wawonii yang menjadi aksesbilitas utama masyarakat Wawonii ini semula hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki dan kendaraan roda dua, setelah dilakukan pembangunan selama dua tahun kini jalan ini telah dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh yang lebih cepat. Jalan ini bahkan telah tingkatkan menjadi jalan beraspal sepanjang 11,3 km ditambah dengan kegiatan pembangunan tujuh unit jembatan penghubung pada sejumlah sungai besar yang selama ini memutus akses jalang lingkar Wawonii. 

Prestasi lainnya yang juga ditorehkan adalah pembangunan jaringan telekomunikasi, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan, S.pd mengatakan melalui program Universal Service Obligation (USO) Pemda Konawe Kepulauan bekerjasama dengan Kementerian Kominfo telah membangun 8 unit Base Transceiver Sistem (BTS) Blank Spot yang tersebar di Pulau Wawonii, ditambah dengan pembangunan 4 unit BTS komersil yang telah berjaringan 4G di Kota Langara dan Lampeapi. Pembangunan BTS tersebut telah mengurangi kesenjangan telekomunikai di Wawonii yang jika ditinjau dari sebaran kecamatan telah mencai 86 % atau dari tujuh kecamatan yang ada 6 kecamatan telah terlayani jaringan telekomunikasi.

Sama halnya dengan pemenuhan kebutuhan energi listrik, saat ini dari tujuh kecamatan yang ada lima kecamatan di Konawe Kepulauan telah menikmati layanan listrik 24 jam.

Dalam hal peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Muhammad Yani pasangan Amrullah-Lutfi telah dua tahun menggulirkan Beasiswa Cerdas Wawoniiku. Anggran sebanyak Rp 2,7 miliar disalurkan pada tahun 2016 dan dari anggaran sebesar Rp 6 milliar yang dialokasikan pada tahun 2017 berhasil disalurkan sebesar Rp 5,9 miliar pada 1.108 mahasiswa penerima disemester pertama serta 1.126 mahasiswa penerima pada semester kedua. Beasiswa cerdas Wawoniiku diperuntukan bagi seluruh mahasiswa dari Kabupaten Konawe Kepulauan yang belum menerima beasiswa dari lembaga penyalur beasiswa yang selama ini ada baik dari lembaga pendidikan maupun lembaga swasta pemerhati pendidikan (sain/dula/kominfo).