Dua Kecamatan di Konkep Jadi Perioritas Program Desa Terang

By Admin 20 Jul 2018, 10:18:00 WIB Daerah
Dua Kecamatan di Konkep Jadi Perioritas Program Desa Terang

Keterangan Gambar : Drs. Danyal, M.Pd (Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Konawe Kepulauan)


Langara, konkepkab.go.id - Dua kecamatan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) yang belum tersentuh jaringan listrik negara menjadi perioritas program desa terang yang dicanangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyata (PUPR).

Sebanyak 3120 rumah tangga di dua kecamatan yang belum tersentuh jaringan listrik yakni Kecamatan Wawonii Tenggara dan Wawonii Selatan tahun ini akan segera diberi bantuan penerangan jenis soler cell atau pembangkit listrik tenaga surya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Konkep, Danyal MPd mengatakan selain bantuan penerangan untuk 3120 rumah, Kementerian PUPR juga menyiapkan sebanyak 330 lampu jalan tenaga surya.

"Selain 3120 rumah yang akan diberi bantuan penerangan tenaga surya, juga ada 330 unit lampu jalan tenaga surya untuk sepuluh desa, tetapi sasaran desa apa yang akan menerima itu ditentukan oleh Pemerintah Pusat," katanya.

Saat ini lanjut mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konkep tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep melalui dinas yang dipimpinnya telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) bersama pihak kementerian.

"Kami suda usulkan proposal, sudah disetujui, bahkan kami sudah menandatangani MoU dengan pihak kementerian, tanggal 26 bulan ini (Juli 2018) akan dilaunching di Lampung, Inshaa Allah Agustus sudah terlaksana," katanya.(Zalfa)