Dinsos Konkep Bentuk Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3)

By Admin 04 Apr 2018, 22:52:43 WIB Daerah
Dinsos Konkep Bentuk Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3)

Keterangan Gambar : Kegiatan Sosialisasi LK3 Dinsos Konkep di Balai Desa Kelurahan Lansilowo Kecamata Wawonii Utara, Rabu (4/4). (Foto : Husain)


Langara, konkepkab.go.id - Maraknya kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak atau penelantaran anak yang terjadi di lingkungan masyarakat, menjadi salah satu perhatian serius yang kini ditekan oleh pemerintah.

Mencegah KDRT dan penelantaran anak di lingkungan masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep melalui Dinas Sosial (Dinsos) Konkep menindaklanjuti program Kementerian Sosial (Kemensos) dengan membentuk Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3).

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Konkep, M Rustam Arifin SSos menjelaskan bahwa melalui LK3 tersebut diharpkannya bisa mencegah kasus KDRT di Konkep, karena melalui LK3 tersebut, masyarakat akan diberi pemahaman bagaimana memecahkan masalah keluarga.

"Dengan LK3 ini, kita berusaha untuk menampung aspirasi maslah keluarga, kemudian memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memecahkan masalah keluarga tersebut, karena di sini (LK3), akan diberikan pelayanan konseling, kunsultasi, pemberian informasi, pengangkauan, perlindungan, dan pendampingan kepada keluarga secara profesional dalam memecahkan masalah keuarga," jelasnya.

Sebagai langkah awal, lanjut Rustam, Dinsos Konkep mulai melakukan sosialisasi LK3 kepada masyarakat Konkep.

"Kami sudah sosialisasikan di Kekurahan Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara, Inshaa Allah kami akan lakukan sosialisasi di masing-masing kecamatan se-Konkep, agar masyarakat bisa tau bahwa di Dinas Sosial ada lembaga yang menangani atau memberikan solusi untuk memecahkan masalah keluarga," katanya.

Diakuinya, sejauh ini belum ada laporan adanya KDRT dan kasus penelantaran anak di Konkep, Namun jika ada masalah dalam keluarga, Rustam berharap agar masyarakat bisa berkonsultasi ke Dinsos untuk dicarikan solusi.

"Jadi kedepan, masyarakat Konkep dalam menyelesaikan masalah keuarga, bisa menyempaikan masalahnya di Dinsos dalam hal ini di LK3," katanya. (Zalfa)