Diknasbud Konkep Verifikasi 1.184 Usulan Beasiswa Wawonii Cerdas

By Admin 18 Jul 2018, 23:52:50 WIB Daerah
Diknasbud Konkep Verifikasi 1.184 Usulan Beasiswa Wawonii Cerdas

Keterangan Gambar : Ketua Panitia Beasiswa Wawonii Cerdas, Suharmin, saat memverifikasi berkas usulan Beasiswa Wawonii Cerdas


Langara, Konkepkab.go.id - Beasiswa Wawonii  Cerdas terus berinovasi. Meski tahun ini sudah menerapkan sistem online, antusias mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa Wawonii Cerdas sangat tinggi. Sejak ditutup 8 Juli lalu, tercatat ada 1.184 berkas mahasiwa asal Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), yang masuk sistem aplikasi Wawonii Cerdas. Sampai berita ini dilansir seribuan berkas mahasiswa dari Pulau Wawonii tersebut terus diferivikais panitia beasiswa Wawonii Cerdas.

Ketua Panitia Wawonii Cerdas,  Suharmin, mengatakan,  dari 1.184 mahasiswa yang sudah memasukan berkasnya melalui aplikasi online Wawonii Cerdas dan berkas ofline yang dikumpulkan di masing-masing kordinator kecamatan, tidak semua perkas mahasiswa tersebut dinyatakan lolos mendapat beasiswa berplat merah itu. "Dari 1.184 pelamar Wawonii Cerdas,  yang masuk di aplikasi kami,  baru 401 yang diferivikasi.  Dari total 401 yang sudah diferivikasi panitia, baru sekitar 200 sekian orang yang lulus, lebihnya ada yang tidak lulus dan ada berkasnya yang masi pending. Kalau berkasnya yang pending masu bisa diperbaiki,," kata Ketua Panitia Beasiswa Wawonii Cerdas,  Suharmin,  saat ditemui di salah satu hotel dibilangan By pas Kendari,  Sabtu (14/7).

Saat melakukan ferivikasi berkas sepekan ini, Suharmin jelaskan, pihaknya masi banyak menemukan berkas mahasiswa yang dipalasukan dan berkas yang habis masa berlakunya.  "Seperti Kartu Rencana Studi (KRS)  dan surat aktif kuliah paling banyak dipalsukan. Oknum mahasiswa kemungkinan mengubah sendiri berkasnya saat mereka scan untuk dimasukan di aplikasi," katanya.

Kepala Bidang (Kabid)  GTK,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas PK) Konkep,  mengaku lebih mudah menela satu-persatu data mahasiswa yang berebut beasiswa Wawonii Cerdas. "Dengan sistem online kami lebih mudah memferivikasi satu-persatu data mahasiswa. Untuk diketahui juga peminat beasiswa tahun 2018 ini naik 14,8% dibandingkan tahun lalu, "tutur anggota Perbaking Konkep itu. Kata dia, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan berpa kuota mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa Rp 6 miliar. "Kami belum bisa tentukan berapa jumlah kuota yang akan mendapatkan beasiswa Wawonii Cerdas tahap I 2018 ini. Kami akan ferivikasi dulu semua. Nantilah kalau sudah rampung baru kami informasikan sekalian dengan waktu pembayarannya,"ucap Suharmin yang terlihat serius memverifikasi berkas calon penerima beasiswa. (Fauzan)