Banyak Warga Terserang BDB, Dinkes Konkep Lakukan Fogging
*Warga Dihimbau Bersihkan Lingkungan  

By Admin 07 Mei 2018, 22:37:17 WIB Kesehatan
Banyak Warga Terserang BDB, Dinkes Konkep Lakukan Fogging

Keterangan Gambar : Dinas Kesehatan Konkep, saat melakukan fogging, di bebrapa kecamatan di Pulau Wawonii, untuk membasmi nyamuk aedes aegypti, yang menyebarkan penyakit DBD. Foto Fauzan


Langara, konkepkab.go.id – Ditemui di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe Kepulauan (Konkep), Kepala Bidang (Kabid) Bina Pengendalian Penyakit, Dinkes Konkep, Nur Aida mengatakatan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan fogging guna memutus  penyebaran Nyamuk Aedes Aegypti. Sebagai langkah awal Fogiging baru dilakukan pada lokasi-lakasi terjadinya kasus BDB, namun dalam beberapa hari kedepan Wanita berhijab itu berjanji akan melakukan fogging di seluruh kecamatan di Pulau Wawonii.   

Selain kegiatan pengasapan tersebut, pihak Dinkes juga gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Karena perekembangan biakan Nyamuk Aedes Aegypti lebih cepat pada kondisi lingkungan yang kotor

"Fogiging ini dilakukan ketika sudah terjadi DBD. Yang paling utama agar tidak terkena DBD adalah, harus memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan," tuturnya.

Untuk diketahui, Penyakit Demam Berdarah Degue (DBD), akhir-akhir ini mulai menyerang warga di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Tercatat, mulai Januari hingga Mei tahun ini, sedikitnya 12 warga di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Timur dan Kecamatan Wawonii Tenggara, sudah mendapatkan perawatan medis akibat gigitan nyamuk aedes aegypti.

Dua diantaranya, harus dirujuk di salah satu Rumah Sakit di Kota Kendari untuk menjalani perawatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Konkep meminta kepada warga harus lebih intens memperhatikan lingkungannya. Pasalnya, dimusim penghujan ini, penyakit DBD sangat mudah menyerang warga. (fauzan)

Data Dinkes Yang Terkena DBD. : *umur 10-15 thn: 6 org, *umur 16-20 thn: 2 org, *umur 21 thn ke atas: 2 org, *sementara 2 orang dirujuk di Kota Kendari (Sumber Dinkes Konkep).